Artikel tentang Senjata dan Manusia

1.1 Senjata Sebagai Kebutuhan Hidup Manusia

Dalam dinamika adaptasi terhadap lingkungan, anatomi manusia secara alamiah selalu menyesuaikan dirinya yang pda hakekatnya berakslerasi dengan baik, demikian juga prilaku atau kebudayaan khususnya sistem teknilogi selalu diupayakan untuk disesuaikan dengan lingkungannya sejalan dengan kemampuan-nya menangkap gejala-gejala alam. Kesemuanya itu baik adaptasi pisik maupun budaya dalam rangka penyesuaian adalah untuk terselenggaranya kesinambungan (survive).

 

Sisten teknologi, khususnya tentang senjata mutlak diperlukan karena manusia sadar bahwa hanya dengan senjata ia dapat mempertahankan atau menyerang dari atau terhadap mush, atau juga dalam rangka memenuhi hajat hidupnya. Dalam cerita kitab suci diketahui bahwa anak-anak Adam telah menggunakan senjata, dan peperangan antara pasukan Nabi Musa dengan tentara Fir'aun kecuali diwarnai dengan sihir dan mu'jizat, senjata juga dipastika ikut berbicara. 

 

1.2 Senjata dan Sistem Teknologi

  Senjata sebagaimana yang oleh Koentjaraningrat dikategorikan sebagai salah satu dari delapan macam sistem teknologi yaitu:

- Alat-alat produktif

- Senjata

- Wadah

- Alat-alat menyalakan api

- Makanan, minuman, bahan pembangkit gairah, dan jamuan

- Pakian dan perhiasan

- Tempat perlindungan dan perumahan

- Alat-alat transport

( Koentjaraningrat, 1980:357)  

 

1.3 Senjata dan Pembabakan Sejarah

Dari pembuktian ilmu pengetahuan, diketahui bahwa hampir diseluruh dunia,manusia sejak zaman prasejarah telah menggunakan berbagai senjata. 

 

 

Macam Macam Senjata

 

Menurut Penggunaannya senjata dapat dibedakan menjdai 3(tiga)kategorisasi yaitu : 

 1. Senjata yang meyerang/offence

2. Senjata untuk membela diri/deffence

3. Senjata Jebakan/Self acting weapons

 

Diperkirakan bahwa pada setiap daerah atau kelompok masyarakat bahwa senjata mereka tidak selalu sama, ketidaksamaan ini dapat dilihat pada:

- Bentuknya

- Kegunannya

- Fungsinya

- Arti simbolik

 

Seperti diuraikan terdahulu bahwa dewasa ini sangat dirasakan betapa sulitnya mencari Informasi tentang senjata-senjata tradisional, baik nasional maupun daerah, baik dalam bentuk buku maupun lembaran-lembaran berita singkat. Kekurangan ini mengakibatkan aspek sistem teknologi dan kebudayaan dalam ari luas kurang diketahui oleh masyarakat, terutama yang lebih penting bagi mereka yang membutuhkan data-data tentang senjata tradisional untuk tujuan ilmiah.

 

Sumber :  Senjata Tradisional Lampung, Depdikbud Dirjen dan Nilai Tradisional Bagian Proyek Inventarisasi Dan pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah Lampung' 1991/1992.