Kisah Para Empu di Tahun 1930

Pembuatan senjata pada zaman dahulu adalah sebuah usaha, yang mana dapat menjadi pemenuhan kepuasan akan kebutuhan yang tertinggi dari sifat pamer orang timur melalui petunjuk dan gabungan beberapa teknik khusus, juga dengan mempraktikan dari memperhalus hiasan, sering diberikan pada senjata itu agar terlihat berkilau yang memberikan kewibawaan, kemegahan dan keindahannya. Tentunya bagian yang menarik dari seni membuat senjata adalah perpindahan dari persia ke India dan dari India ke Asia Timur.

 

A. Gayet menuliskan dalam karangannya: L' Art Persian : Tout Le Talent epars dan chacune de ees manifestasions de l'art person, s'est concentre sur les armes et les armures. La cisulure, la damasquinerie, l'incrustation, la marqueterie, l'orfevrerie, la joaillerie s'y sont combines pour leur donner un aspect plus eblousisant: Semua bakat dalam setiap salah satu perwujudan dari seni di Persia, perhatian timur pada senjata dan baju besi, Pahatan, hiasan, lapisan kasar, hiasan dari kayu, hiasan emas, permata, digabungkan di situ untuk memberi kesan yang lebih indah berkilau.

 

 Lord Egerton atau Tatton membedakan senjata dalam dua jenis yang utama dalam karangannya : A Description of Indian and oriental Armour : Senjata Arian dan Persia. Perkembangan besar dari seni pe,buatan senjata persia misalnya untuk dijadikan hadiah, hal itu dimulai sejak abad ke 18 yang di kirim oleh Sjah Persia pada Tsar Rusia dan disimpan di Zarkoe Zelo.

 

Itu dari kecenderungan penganngalan atau zaman yang tua, untuk mencocokan semua teknik yang terkenal dan untuk memanfaatkan semua jenis bahan mentah hiasan yang bernilai tinggi untuk satu dan senjata sendiri, sehingga itu akan memperlihatkan sebuah pancaran kemewahan yang berlebihan dari warna dan motif-motif dan batu mutiara, yang masih terjadi dengan pembuatan kersi di Bali, di Tanah Raja di Jawa, di tanah Makasar, dengan pembuatan rencong di Aceh, yang mana orang ingin memperindah dengan gambar hiasan, batu berlian, pahatan emas, ukiran, melapisi dengan email.

Ada tiga pokok pembicaraan mengenai pembuatan senjata sebagai pengantar :

1. Hiasan mata pisau

2. Bentuk mata pisau

3. Bentuk gagang atau pegangan

 

....... BERSAMBUNG

diambil dari buku "Wangkingan Kebo Hijo"