• KUDI, duah buah kudi senjata semacam ini berkembang di Jawa Barat dengan nama Kujang, Sampai sekarang Kesatuan Militer di Jawa Barat pun di beri nama Kujang. No.1620R dan 1647C, Museum Pusat, Jakarta
    KUDI, duah buah kudi senjata semacam ini berkembang di Jawa Barat dengan nama Kujang, Sampai sekarang Kesatuan Militer di Jawa Barat pun di beri nama Kujang. No.1620R dan 1647C, Museum Pusat, Jakarta

Keris Jaman Pajajaran

Berdasarkan kitab-kitab babad, jaman ini mulai terang. Menurut sejarah empu, jaman ini merupakan kelanjutan jaman sebelumnya. Tetapai penggalian-penggalian kepurbakalaan, sedikir sekali menemukan keris pda jaman ini. Berdasarkan kitab sejaran empu, pada jaman ini sudah banyak pembuatan keris, menurut cerita atau pengakuan penduduk yang memiliki keris buatan jaman pajajaran.

 

Empu yang terkenal antara lain :  Empu Keleng membuat keris Kyai Kopek, yaitu keris lurus dapur tilam upih, pamor tambal; Keris ini sekarang menjadi koleksi R.M.A Widodo Santodipura di Surakarta, dan pernah di pamerkan di Museum Pusat, Jakarta. Empu Nyi Sombro membuat keris Kyai Kopek, keris lurus dapur Kebolajer, pamor sanah, ukiran berbentuk patung wanita asal kraton Yogyakarta. Sekarang menjadi Koleksi Pribadi di Surakarta.

 

Kerajaan pajajaran terletak di Jawa Barat. DI daerah ini senjata yang lebih terkenal dan di kenal oleh penduduk Jawa Barat ialah Kujang. Sedangkan keris hanya terkenal dalam kitab Babad.

 

KEMBALI KE AWAL